Minggu, 22 Februari 2009

Tugas Mulok 1

Pengertian blog :

Blog kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara continue dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Perkembangan dari blog adalah dengan blog seseorang blogger dapat menuliskan perasaan dan yang dipikirkan. Dengan kata lain blog mirip dengan diary dan oleh karena itu disebut dengan diary online. Yang membedakan hanyalah blog dapat dibaca orang lain sedangkan diary tidak.

Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan, yaitu:

  1. Menjadi media pembelajaran dalam mencari ilmu pengetahuan.
  2. Mencari informasi menjadi lebih mudah.
  3. Dalam blog bisa saling bertukar pikiran, sehingga ilmu menjadi lebih luas.

Jenis-jenis Situs Untuk Fasilitas Blog :

1. Blog.friendster.com

2. Multiply

3. Wordpress

4. Blogspot

5. Twitter

6. Plurk

7. Blogdetik

8. Pitas

9. Blogsome

Blog adalah sebuah singkatan dari web blog atau yang disebut aplikasi web, dan diperkenalkan oleh John Barger tahun 1998, pertama kali keluar sekitar akhir tahun 2000 di Indonesia, dan dimulai dari sebuah web bernama Indigos.Net yaitu sebuah web pribadi seseorang yang bernama Tyaz. Blog pertama kali diprakasai oleh Blogger.com semenjak itu banyak aplikasi sumber-sumber terbuka yang ditulis oleh pemilik blog, dan tahun 2002 peminat blog semakin banyak. Isi dari blog sendiri adalah postingan berupa tulisan-tulisan yang ditulis sesuai tema.

Blog sangat bermanfaat bagi para pelajar saat ini, apalagi dengan adanya fasilitas blog lebih memudahkan para pelajar, karena hanya dengan membuka blog bisa mendapatkan bahan ajar,dan dengan adanya blog pelajar juga bisab belajar menggunakan internet dan media elektronik. Media elektronik yang dimaksud dapat berupa web site dengan berbagai fasilitas seperti chatting, presentasi dan jurnal yang bisa di download, ujian dan penilaian online, forum diskusi virtual, forum konsultasi dan tanya jawab, discussion board, maupun video conference.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar